senam aerobik

  PENGERTIAN SENAM AEROBIK MENURUT
http://AnneAhira.com

Aerobik merupakan salah satu bidang olah raga yang memadukan seni gerak dan seni musik[/link. Meskipun demikian, aerobik tidak sama dengan tarian. Pengetahuan mengenai pengertian senam aerobik serta manfaatnya bagi tubuh, membuat orang, terutama ibu-ibu, semakin menggilai aerobik.
Setelah beraktivitas rutin, [link:5935]tubuh kita kadang terasa lebih cepat lelah. Salah satu cara untuk membuat tubuh lebih segar dan bugar yakni dengan melakukan olah raga. Olah raga dapat membantu tubuh kita untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh yang membuat aliran darah memperoleh banyak oksigen sehingga tubuh menjadi lebih segar dan tidak cepat lelah.
Senam merupakan salah satu olah raga yang kebanyakan disukai oleh kaum wanita. Namun, saat ini, kaum pria pun sudah banyak yang mulai menyukai olah raga ini. Terlihat dari makin menjamurnya sanggar-sanggar senam yang di dalamnya diisi oleh beberapa pria.
Alasan banyaknya orang yang menyukai senam aerobik karena olah raga yang satu ini diiringi dengan irama musik untuk gerakan-gerakan yang dilakukan sehingga membuat kita nyaman melakukan gerakan-gerakan yang ada.
Ada berbagai macam jenis senam, antara lain senam low impact, body language, body performance, dan yang tidak asing lagi kita dengar yakni senam aerobik.
Pengertian senam aerobik sendiri merupakan senam dengan gerakan-gerakan yang energik, berirama cepat dengan gerakan dasar kaki jalan dan meloncat yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh.
Berikut ini adalah sistematika dalam melakukan senam aerobik.
1. Pemanasan
Pada sesi pemanasan ini, biasanya dilakukan gerakan-serakan ringan selama 15 menit. Pada sesi pemanasan ini terdapat beberapa tahap.
  • Isolation.
  • Full Body Movement.
  • Stretching.
2. Latihan Inti I (Cardiorespiratory)
Latihan pada sesi ini berguna untuk membakar lemak, melatih pemanasan, serta daya tahan otot tubuh. Latihan ini dilakukan selama 20 menit, yang terdiri dari latihan-latihan berikut ini.
  • Pre aerobic (low impact).
  • Peak aerobic.
  • Post aerobic (low impact).
3. Latihan Inti II (Challestenic)
Latihan ini dilakukan selama 15 menit.
  • Pengencangan.
  • Penguatan (strenght).
  • Kelentukan (flexibility).
4. Pendinginan (Cooling Down)
Latihan ini dilakukan selama 10 menit.
  • Dynamic stretching.
  • Static stretching.
Tips Melakukan Senam Aerobik
Berikut ini merupakan beberapa tips dalam melakukan senam aerobik.
  1. Menggunakan pakaian senam atau pakaian yang nyaman serta menyerap keringat.
  2. Gunakan sepatu yang nyaman atau sepatu yang khusus digunakan untuk senam aerobik.
  3. Mengikuti gerakan yang diberikan instruktur dengan baik dan benar.
  4. Tidak perlu memaksakan diri ketika tidak bisa mengikuti semua gerakan karena hal tersebut tidak ada manfaatnya, cukup ikuti gerakan tangan atau kaki saja.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

pakaian senamny sendiri itu jnisny apa ? n klo mau bli baju senam murah serta kualitsny bgus dmna yah ?? mkasih

Unknown mengatakan...

Terima Kasih gan Ifonya membantu sekali ....
Gan kemungkinan Apa yg terjadi jika kitam memaksakanDiti kita untuk ikut padahat kita tidak bisa memgikuti dan untuk baju senam wanita yg cocok untuk senam ini itu seperti apa ?
Mohon Di jwb

Unknown mengatakan...

Waw keren tu, mengadakan dikalat segala... bisa di tiru nich ;) , pengen ikut aerobik di Surabaya , tapi kalau baju senam terbaru untuk saat ini seprerti apa ya.. mohon infonya...

Unknown mengatakan...

Sore kak, thank buat artikelnya, insyaallah sangat membantu untuk tugas ane, oh iya sekalian dach minta infonya tentang baju senam body image sama baju senam Crsytal

Unknown mengatakan...

Salam Olahraga
dalam melakukan senam aerobik kebanyakan berpusat pada pengencangan otot, nah apakah senam aerobik berpengaruh pada perkembangan otak juga?
bisa ngasih tau alamat olshop yg berjualan baju senam cantik ??
salam sukses dan thanks atas artikelnya ^_^

Posting Komentar

KOMENTAR

Popular Posts Today