virus facebook

Virus "Video Seksi" menyebar di Facebook

 Virus pertama yang menyebar melalui aplikasi Facebook mulai tercatat di bulan Mei 2010. Versi pertama virus ini udah mampu dibasmi oleh Facebook, versi yang kedua menyebar lebih cepat karena berbekal iming-iming video seksi.


Menurut Alfons Tanujaya, analis antivirus dari Vaksincom, "Menurut pengamatan Vaksincom, varian kedua dengan tema '[Nama Anda], this is without doubt the sexiest video ever :p :p :p' mulai disebarkan pada hari Sabtu pagi 15 Mei 2010 dan dalam waktu 48 jam telah memakan korban belasan ribu pengguna Facebook," ujarnya.


Menurut Alfons, aplikasi ini cukup berbahaya karena mengeksploitasi sistem pengamanan Facebook. Korban cukup mengklik link ke video seksi tersebut dan, tanpa perlu memberikan persetujuan apapun, ia akan mulai menyebarkan link ke account teman-teman sang korban.

Alfons pun menegaskan bahwa virus Facebook ini menyebar dengan memanfaatkan kelemahan pada Facebook. Oleh karena itu, apapun sistem operasi yang digunakan akan tetap rentan oleh serangan ini.

"Vaksincom menyarankan semua pemilik account Facebook untuk berhati-hati dan jangan pernah mengklik link pada gambar dan pesan yang keliatan mencurigakan," ujar Alfons.


Alfons mengatakan virus tersebut juga berusaha mencatut nama Winamp. Piranti lunak pemutar musik digital Winamp itu memang cukup populer di kalangan pengguna internet.























Nama Winamp, ujar Alfons, dicatut demi mengelabui pengguna internet yang sudah cukup mahir. "Akal-akalan yang dilakukan pembuat aplikasi ini adalah menggunakan nama aplikasi 'Winamp on Facebook' dan bukan menggunakan nama 'Winamp'," tukasnya.

Pengembang aplikasi ini dicurigai memang memiliki niat yang kurang baik. Halaman pengembangnya pun tampak dipenuhi oleh berbaga sumpah serapah dari pengguna Facebook.


Sumber : Detiknet

0 komentar:

Posting Komentar

KOMENTAR

Popular Posts Today